Thursday 19 January 2017

Inilah Resepi Nasi Goreng Belacan yang Enak dan Lezat

resepinasienak.blogspot.com - Assalamualaikum sahabat resepi nasi enak. Pada kesempatan kali saya selaku editorial tunggal resepi nasi enak akan membagikan resepi nasi goreng belacan. Sebelum ke resep nasi goreng belacan ayo coba kita tengok Apa sih manfaat belacan itu sendiri. Belacan atau terasi merupakan bumbu masak yang dibuat dari ikan atau udang rebon yang difermentasikan, berbentuk seperti adonan dan berwarna hitam coklat dan kadang-kadang ditambah sehingga berwarna sedikit kemerahan. Belasan memiliki bau yang sangat tajam. Selain dari banyak belajar juga memiliki nilai gizi yang tinggi seperti kalium dan fosfor serta zat besi.

Seratus gram udang rebon segar mengandung 757 mg kalsium, sedangkan dalam 100 gram udang rebon yang sudah dikeringkan sebanyak 2.306 mg. Dengan demikian, konsumsi udang rebon sangat baik untuk mencegah osteoporosis.Keunggulan lain dari udang rebon adalah kandungan fosfornya yang cukup tinggi. Banyak orang beranggapan bahwa tulang keropos terjadi karena kekurangan kalsium saja, sehingga dalam pencegahan atau pengobatannya hanya difokuskan pada konsumsi kalsium. Ini adalah mitos yang tidak benar. Kalsium baru bisa bermanfaat bila di dalam tubuh juga tersedia fosfor yang cukup untuk mengimbangi kalsium. Perbandingan konsumsi kalsium dan fosfor yang sangat ideal untuk mencegah tulang keropos adalah 2:1. Satu-satunya jenis pangan dengan rasio seperti itu adalah air susu ibu (ASI). Pada udang rebon segar, perbandingan kalsium dan fosfor adalah 2,6:1. Agar pemanfaatan kalsium pada udang rebon berlangsung optimal, konsumsi rebon harus diimbangi makanan yang kaya fosfor, seperti sayuran dan buah-buahan. Kadar zat besi per 100 gram udang rebon basah dan kering adalah 2,2 mg dan 21,4 mg. Zat besi sangat diperlukan tubuh untuk membentuk hemoglobin yang berperan sebagai pengangkut oksigen dalam darah. Dari kandungan gizi dan manfaat tersebut sangat wajar jika belacan sering digunakan sebagai bumbu masakan salah satunya dalam nasi goreng. Karena sangat bermanfaat saya akan membagikan resepnya kepada sahabat. Oke Langsung saja inilah resepi nasi goreng belacan yang enak dan lezat.

Inilah Resepi Nasi Goreng Belacan yang Enak dan Lezat 

Bahan Membuat Nasi Goreng Belacan :


  • 1 kepal belacan
  • 5 buah cabe besar
  • 3 buah cabe rawit.
  • 3 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • Kecap asin secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Nasi dingin. untuk 4 porsi
  • 3 butir telur, dadar lalu iris halus

Cara Membuat Nasi Goreng Belacan :


  • Haluskan semua bahan. Kemudian tumis bahan yang dihaluskan hingga harum dan kering. Masukkan kecap dan garam. Aduk rata.
  • Masukkan nasi dan telur iris, goreng hingga rata.
  • Agar lebih enak anda bisa tambahkan bersama ikan teri, udang kering halus, udang basah, cumi-cumi atau bakso ikan di iris2, Masukkan bersama nasi dan goreng hingga rata dan matang.
  • Sajikan. 


Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video tutorial berikut ya

Jangan lupa subscribe channel videonya.

Mudah dan simple itu yang sahabat dapatkan setelah membaca resep nasi goreng belacan yang enak dan lezat di atas. Saya yakin sahabat bisa mempraktekkannya di rumah. Hidangan ini sangat tepat disajikan untuk family atau saudara jauh. Oke sekian dulu ya artikel kali ini. Baca juga Inilah Resepi Nasi Kerabu yang Enak dan Nikmat
Load disqus comments

0 comments